468x60 Ads

KOMPAS.com -Perkembangan teknologi prosesormobilesemakin lama membuat kinerjasmartphonesemakin meningkat.ARM selaku perusahaan yang merancang “otak”di sebagian besar perangkatmobilebahkan memprediksi bahwa performa gadget seperti ponsel dan tablet bakal melewati PlayStation 4 dan Xbox One, menjelang akhir 2017

Direktur ekosistem ARM Nizar Romdan menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan para pabrikanchiprekanan seperti Nvidia dan Samsung untuk membikin prosesor yang mampu menghasilkan visual lebih canggih dibandingkan dua konsol game terkini itu.

“Hardware perangkat mobilesudah sangat bertenaga,” ujar Romdan saat berbicara dalam acara Casual Connect Europe minggu ini, sebagaimana dirangkum KompasTeknodariVentureBeat, Jumat (19/2/2016).“Performasmartphonedantablet high-endsaat ini sudah lebih baik daripada Xbox 360 dan PlayStation 3.

Mereka dengan cepat bakal menyusul Xbox One dan PlayStation 4,” tambahnya.Menurut prediksi ARM, pada kuartal keempat 2017, prosesor-prosesormobileterkencang bakal memiliki kinerja komputasi hampir 2 tera FLOPS (Floating Point Operations per Second), sementara PlayStation 4 diketahui mencatat angka 1,84 tera FLOPS.

Tentu, ini bukan berarti para penerbit game konsol akan berbondong-bondong memindahkan aneka judul andalannya keplatform mobile. Perbedaanform factorberupa perangkat genggam berlayar sentuh mensyaratkan bentuk game yang berbeda pula.Romdan mengisyaratkan bahwa perbedaanform factorantara konsol game dansmartphoneitu nantinya bakal bisa dijembatani lewat teknologi virtual reality (VR).“Memang, prosesnya akan berbeda. Daya tahan baterai juga akan menjadi masalah. Tapi pengalamannya sama dan itu bisa menjadi pendobrak di segmenmobile gaming,” pungkas dia.

0 komentar:

Posting Komentar